Wisata Seni dan Wisata Belanja di Pasar Seni Gabusan Bantul, Yogyakarta

Wisata Seni dan Wisata Belanja di Pasar Seni Gabusan Bantul, Yogyakarta – Di Yogyakarta ada sebuah tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata belanja sekaligus tempat wisata seni. Pasar Seni Gabusan, merupakan salah satu tempat yang menjual berbagai macam dan bentuk kerajinan-kerajinan dari Yogyakarta. Pasar Gabusan ini masih terbilang baru, karena dibangun tahun 2004 lalu. Selain itu, pasar Gabusan diharapkan mampu menghimpun barang-barang kerajinan karya seni khas Yogyakarta yang pedagangnya dan pengrajinnya berasal dari warga Bantul, Yogyakarta.

Pasar seni Gabusan berada di jalan Parangtritis KM 9,5, Desa Gabusan, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Luas lahan pasar Gabusan yaitu 4,5 hektar. Pengunjung dapat menempuh jarak 20 – 30  menit menuju pasar Gabusan dari pusat kota Yogyakarta, karena jaraknya sekitar 15 kilometer dari arah selatan kota Yogyakarta. Akses dan akomodasi ke pasar Gabusan ini sangat mudah dijangkau karena jalan searah dengan jalan yang menuju pantai Parangtritis.

Jam buka pasar Gabusan ini biasanya sekitar pukul 08.00 WIB dan tutup sekita pukul 21.00 WIB. Terdapat 16 los yang dijadikan sebagai pengelompokkan dari produk yang dijual, seperti los khusus kayu, logam, perak, dan bambu. Pasar Gabusan mampu menampung sedikitnya 400 pengrajin. Adanya pusat informasi yang terdapat di sini juga memudahkan pengunjung untuk dapat menemukan produk kerajinan tertentu. Pengunjung juga dapat menikmati akses internet gratis yang ditawarkan sebagai fasilitas yang melengkapi pasar ini.

Pengelompokkan atas 16 los itu dirancang dengan konsep seperti sebuah pameran. Los 1 sampai los 3 adalah kerajinan yang terbuat dari berbagai macam jenis kulit, di antaranya kulit sapi dan kulit domba. Hasilnya dapat berupa tas, kaligrafi, sepatu, dan lainnya. Los 4 dan los 5 adalah kerajinan berbagai macam batik. Banyak sekali motif batik yang ditawarkan di sini. Hasilnya dapat berupa pakaian, kebaya, sprei, dan lainnya. Harganya pun cukup bervariatif, mulai dari Rp50.000,00 hingga ratusan ribu, tergantung dari bahan dan motif yang ada. Bagi pengunjung jangan lupa untuk membeli batik khas Imogiri, Bantul, yang begitu khas. Selain itu, ada juga batik-batik yang dipadukan antara nuansa traadisional dan modern. Selanjutnya, ada los-los yang menjual khusus kerajinan logam, perak, dan tembaga serta masih banyak lagi kerajinan yang bisa ditemukan di sini.

Fasilitas yang disediakan di pasar Gabusan juga terbilang lengkap. Mulai dari gerbang utama pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan gerbang yang menarik perhatian. Selain itu, arsitektur bangunan cukup unik dan menggabungkan konsep tradisional serta internasional yang mampu menambah kesan tersendiri. Kebetulan sekali, di depan kawasan pasar Gabusan juga terdapat objek wisata, yaitu Grand Puri Waterpark yang merupakan wisata air di Bantul. Lokasi pasar Gabusan juga cukup strategis, karena beberapa hotel di bangun didekat kawasan tersebut, salah satunya yaitu Dusun Jogja Village Inn.

Pasar Gabusan selain digunakan untuk tempat jual-beli kerajinan khas, juga digunakan sebagai tempat diadakannya berbagai macam event-event baik bulanan maupun tahunan. Terkadang digunakan sebagai tempat diadakannya pameran-pameran tertentu. Beberapa acara yang pernah di gelar di pasar Gabusan di antaranya ialah Festival of light, Festival Sate Klathak, Gabusan Fashion and Craft Festival, dan masih banyak lagi. Pengunjung akan senang berlama-lama dan menghabiskan waktu di pasar Gabusan. Jadi, pengunjung dapat serta membawa kerabat maupun teman-teman untuk menikmati suasana di pasar Gabusan, karena tempat ini dapat dijadikan alternatif wisata yang unik.

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

Leave a Reply