Wisata Religi di Yogyakarta

Beragam tempat wisata di Yogyakarta ditawarkan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana di sini. Dari mulai wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, dan lainnya. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan batin di kota ini, mungkin Anda melakukan wisata religi di Yogyakarta. Berikut ini merupakan tempat wisata religi yang ada di Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah Masjid Besar Yogyakarta atau masjid raya Kasultanan Yogyakarta. Letak masjid Gedhe Kauman ini ada di sebelah bara kompleks Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Untuk lebih tepatnya, berada di Jalan Kauman, Alun-alun Keraton Yogyakarta, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Gaya arsitektur bangunan masjid Gedhe Kauman ini masih tradisional dan masih kental dengan adat Jawa atau kental dengan nuansa Keraton Ngayogyakarta. Masjid Gedhe Kauman masih dijadikan tempat ibadah sekaligus tempat wisata bersejarah mengenai perkembangan Islam di Yogyakarta.

Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis adalah tempat rohani umat Katholik yang dijadikan tempa wisata religi di Yogyakarta. Tempatnya cukup unik, karena berada di dalam goa yang masih lengkap dengan stalaktit dan stalagmit. Pengunjung juga bisa mendengarkan bunyi cicit kelelawar dan tetesan air goa yang dipercaya sebagai air suci. Lokasi Goa Maria Tritis ini cukup jauh dari pusat kota, karena lokasinya berada di Jalan Sapto Sari, Dusun Bulu, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.

Klenteng Gondomanan

Klenteng Gondomanan sering disebut juga dengan sebutan Klenteng Fuk Ling Miau, ialah tempat peribadatan yang diperuntukkan untuk umat Buddha dan Kong Hu Cu di Yogyakarta. Klenteng Gondomanan adalah salah satu peninggalan etnis Tionghoa di Yogyakarta. Lokasi Klenteng Gondomanan ada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI. Yogyakarta. Di tempat ini pengunjung yang datang bisa membeli souvenir dan pernak-pernik yang tersedia.

Pura Vaikuntha Vyomantara

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana Bali di Yogyakarta bisa datang ke Pura Vaikuntha Vyomantara. Lokasi Pura ini ada di Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta, tepatnya ada di Pangkalan TNI AU Adisutjpto, Bantul, Yogyakarta. Selain itu, Pura Vaikuntha Vyomantara bersebekahan dengan Museum Dirgantara Mandala TNI AU Yogyakarta. Meskipun lokasinya berada di kompleks pangkalan AU TNI Yogyakarta, Pura Vaikuntha Vyomantara tidak hanya diperuntukkan untuk warga TNI AU, tetapi juga diperuntukkan untuk umat Hindu atau umum yang berasal dari luar. Umat beragama Hindu juga dapat datang ke pura ini dan melakukan persembahyangan.

Goa Maria Sendang Sriningsih

Tempat tersebut merupakan tempat peribadatan sekaligus tempat ziarah umat Katholik. Alamat goa Maria Sendang Sriningsih ada di Jali, Gayamharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta. Ritual ibadah yang dilaksanakan di Goa Maria Sendang Sriningsih ini diselenggarakan 9 kali dalam setahun setiap malam Jumat Kliwon yang dipercaya sebagai hari keramat dalam masyarakat Jawa. Selain itu, daya tarik yang dimiliki oleh goa ini ialahair sendang yang bertuah dan banya dianggap bisa menjaga keselamatan dan membebaskan diri dari penyakit.

Masjid Kota Gede

Bagi pengunjung yang datang ke Yogyakarta, jangan sampai melewatkan untuk mampir  Masjid Kota Gede yang lokasinya ada di Jalan Watu Gilang, Kota Gede, Yogyakarta. Masjid Kota Gede dikenal dengan masjid tertua di Yogyakarta yang usianya telah ratusan tahun. Meskipun sudah lama berdiri, masjid itu masih terlihat digunakan oleh warga setempat untukl melaksanakan kegiatan keagamaan.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.