Wisata Lampion Malam Hari di Taman Pelangi Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai koa yang hidup, karena hampir seluruh waktu kota ini tidak pernah sepi dari segala aktivitas apapun. Tidak terkecuali pada malam hari. Yogyakarta selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin memburu tempat-tempat unik dan menarik di sana. Jika pengunjung menginginkan waktu malam hari untuk berkeliling atau berwisata karena menghindari waktu siang hari yang udaranya cukup panas, Yogyakarta juga memiliki tempat wisata yang dapat dikunjungi pada malam hari. Tempat wisata yang buka pada malam hari itu adalah Taman Pelangi Yogyakarta atau orang-orang banyak yang menyebutnya sebagai Taman Lampion.

Taman Pelangi Yogyakarta ini adalah tempat wisata yang cukup unik. Sebab konsep yang ditawarkan ialah taman-taman yang dikelilingi oleh banyak lampion yang beraneka ragam warna, sehingga menyerupai warna pelangi di malam hari yang ada di Yogyakarta. Keindahan warna-warni lampu lampion bak warna pelangi juga dibuat sedemikian rupa bentuknya. Ada yang berbentuk bunga-bunga atau tumbuhan-tumbuhan, hewan-hewan, bentuk-bentuk bangunan seperti menara, perahu, dan masih banyak bentuk yang beraneka ragam lagi yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Selain itu, lokasi yang dipilih untuk mendirikan Taman Lampion ini cukup unik, yaitu berada di Monumen Yogya Kembali (Monjali). Untuk alamat lengkapnya, Taman Lampion Yogyakarta berada di Monumen Yogya Kembali, Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta. Akses jalan menuju Taman Pelangi Yogyakarta sangat mudah, hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Monumen Yogya Kembali atau jika masih bingung bisa bertanya kepada orang sekitar jalan menuju Ring Road Utara. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum bisa naik Trans Jogja jalur 2A dan 2B, kemudian turun di shelter Monjali yang tempatnya tepaat berada di depan shelter Trans Jogja. Tiket masuk Taman Pelangi ini berbeda berdasarkan hari Anda berkunjung. Untuk tiket hari Senin sampai Kamis dikenakan biaya sebesar Rp15.000,00/orang, sedangkan untuk tiket hari Jumat sampai Minggu dan hari-hari libur nasional akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000,00/orang. Jam buka atau jam operasional Taman Pelangi ini dimulai dari pukul 17.00 WIB dan tutup pada pukul 23.00 WIB.

Selain menghadirkan konsep lampion dengan beragam warna, Taman Lampion juga memiliki lebih dari 20 jenis wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Wahana permainan tersebut di antaranya ialah perahu dayung, speed boat, trampolin, becak mini, bola air, bom-bom car, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi pengunjung yang ingin mencoba menguji nyali bisa datang ke rumah hantu atau puri hantu yang ada di Taman Pelangi ini. Pengunjung akan merasakan sensasi ketegangan saat berhadapan langsung dengan hantu-hantu. Bagi pengunjung yang akan menikmati wahana permainan tersebut akan dikenakan tarif atau biaya tambahan yang rata-rata dimulai dari sekitar Rp10.000,00/permainan. Selain wahana permainan yang ditawarkan, pengunjung yang merasa lapar dan haus saat berkeliling menikmati lampion-lampion di Taman Pelangi Yogyakarta, dapat mampir sejenak untuk menikmati jajanan atau makanan yang disediakan di stand-stand makanan di Taman Pelangi ini, karena pihak pengelola sudah menyediakan sekitar 25 stand makanan dan stand minuman. Jadi, pengunjung tidak usah merasa khawatir untuk urusan mengganjal perut.

Fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola wisata Taman Pelangi Yogyakarta juga sudah lengkap. Terdapat tempat parkir yang memadai, toilet umum mushala, dan stand-stand makanan serta stand-stand minuman lengkap. Jadi, jangan khawatir untuk berkunjung ke sini, karena Anda akan merasakan sensasi berwisata di sebuah Monumen pada malam hari ditemani oleh banyak lampion yang beragam warna bak pelangi.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply