Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta

Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta – Kaliurang adalah salah satu destinasi tempat wisata yang cukup banyak menarik peminatnya. Kaliurang adalah salah satu lokasi objek wisata yang berada di lereng gunung merapi dan banyak sekali tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa di dalamnya.

Kaliurang adalah sebuah kawasan di yogyakarta yang memiliki banyak fasilitas untuk menginap dan memiliki banyak tempat wisata yang indah. Di Kaliurang ini anda akan menikmati udara sejuk disekitaran suhu 16-25 derajat celcius. Dengan udara yang sejuk seperti ini diharapkan wisatawan akan senang dengan berkunjung ke kawasan kaliurang ini. Dengan pergi ke kawasan seperti ini maka anda diharapkan bisa melupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan di dalam kota yang macet dan penuh dengan keramaian.

Jika anda sedang liburan ke Yogyakarta, Kaliurang adalah salah satu tempat wajib yang harus anda kunjungi, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib anda kunjungi jika anda sedang berlibur bersama dengan keluarga, rekan atau kekasih hati. hehehe

1. Museum Gunung Merapi

MGM atau museum gunung merapi adalah salah satu objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi jika anda sedang liburan ke Kaliurang dan Yogyakarta. Dengan mengunjungi museum ini anda akan merasa lebih dekat dan bisa lebih mengenal Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi

Lokasi Museum Gunung Merapi ini berada di Desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Untuk rute lokasi menuju museum gunung merapi ini dari Jalan Kaliurang KM 21, belok kiri pas dipertigaan Panti Asih. Kemudian Belok Kanan saat memasuki dusun tanen Hargobinangun.

Jika anda merasa kebingungan anda cukup memanfaatkan teknologi Google Maps Untuk bisa ke Lokasi Museum Gunung Merapi ini.

2. Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu adalah salah satu museum yang cukup unik dan memiliki nilai khas yaitu tentang kebudayaan Jawa. Jika anda berkunjung ke objek wisata yang satu ini akan akan disuguhkan dengan panorama adat jawa yang sangat kental didalamnya.

Jik anda ingin lebih dalam mengetahui mengenai museum ini berkunjunglah kemari. Museum Ulen Sentalu berada di desa hargobinangun, lebih tepatnya di Jalan Boyong KM25, Kaliurang Barat, Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, atau untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi museum ini lewat Maps di Lokasi di bawah ini dan bisa di track menggunakan smartphone yang sobat miliki.

3. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri adalah sebuah tempat wisata di pucuk kaliurang dan dekat sekali dengan lereng gunung merapi. Di Lokasi ini pula terdapat Gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat merapi lebih dekat lagi. Di lokasi ini pula banyak ditemukan monyet-monyet yang berkeliaran bebas disekitar wisata dan rumah-rumah penduduk.

Di Lokasi ini anda bisa bersantai bersama keluarga di Tlogo yang indah, Selain itu juga anda bisa menyewa kapal kayuh untuk berkeliling tlogo ini.

4. Gardu Pandang Kaliurang

Gardu Pandang Kaliurang ini awal mulanya adalah sebuah taman yang indah untuk melihat langsung dari dekat puncak gunung merapi. Namun gardu pandang kaliurang jaman now berbeda dengan saat pertama kali dibuka dulu. Gardu Pandang Kaliurang Jaman Now sudah memiliki nilai tambah yaitu dengan adanya lampion yang tertata sangat rapi dan indah sekali saat malam molai tiba.

Di Lokasi Objek Wisata Kaliurang ini biasanya saat musim liburan telah tiba / mendekati akhir tahun akan ada sebuah pertujukan lampion setiap harinya. Seperti halnya tahun ini juga ada  Kaliurang Light Festival | Taman Lampion Kaliurang yang bisa anda saksikan molai tanggal 9 desember sampai awal tahun 2018.

Festival Off Light Kaliurang
Festival Off Light Kaliurang

5. Goa Jepang

Tempat Wisata di Kaliurang berikutnya adalah Goa Jepang. Goa Jepang adalah salah satu goa di Yogyakarta peninggalan jaman penjajahan jepang. Letak goa jepang ini berada di kawasan eko wisata kaliurang sehingga lokasi ini sangat sejuk dan juga sedikit angker.

Letak Goa Jepang sendiri tidak bisa langsung kita jajaki atau langsung kita temui setelah kita masuk lewat pintu masuk ini, namun kita perlu melewati jalan-jalan perbukitan yang terjal dan berkelok-kelok. Untuk bisa sampai ke Goa Jepang ini paling tidak membutuhkan waktu sekitar 45 Sendiri dari pintu masuk.

Goa jepang ini dahulunya di fungsikan sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung dari tentara sekutu. Goa ini berbeda dengan goa jepang yang berada di daerah lain seperti yang di bandung, NTT, jawa timur dll. karena di goa jepang kaliurang terdapat 25 goa dan semuanya saling berhubungan tetapi gelap tanpa penerangan.

Walaupun gelap tanpa penerangan tetapi tidak perlu kuatir karena disini kita bisa menyewa senter yang disediakan oleh pengelola goa jepang yang stay di luar goa. Kita juga bisa menggunakan pemandu yang siap menjelaskan secara detail tentang sejarah goa jepang ini.

6. Bumi Perkemahan Kaliurang

7. Taman Kaliurang

8. The World Landmark

9. Blue Lagon Jogja

10. Air Terjun Tlogo Muncar

11. Wisata Omah Salak

12. Wisata Lereng Gunung Merapi

13. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang’

14. Desa Wisata Pulesari

15. Desa Wisata Petingsari

16. Kali Kuning

17. Bunker Kaliadem

18. Bukit Klangon

19. Stonehenge

20. The Lost World Castle

21. Batu Allien

 

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

Leave a Reply