Suara Alam dan Gemericik Air di Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang sangat terkenal dengan wisata pantainya yang masih sangat alami dan indah. Akan tetapi, selain deretan wisata pantai yang sangat terkenal, wilayah Gunung Kidul juga memiliki beberapa wisata alam berupa air terjun. Salah satu air terjun yang sangat terkenal dan populer di Gunung Kidul Yogyakarta ialah air terjun Sri Gethuk. Lokasi air terjun Sri Gethuk ini tepatnya berada di desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, banyak yang penasaran dengan air terjun Sri Gethuk ini karena banyak yang mengenal bahwa air terjun Sri Gethuk merupakan Green Canyon Yogyakarta.

Selain itu, air terjun Sri Gethuk ini sebenarnya bernama air terjun Slempret, tetapi orang-orang terlanjur mengenal air terjun ini dengan sebutan Sri Gethuk. Udara yang sangat sejuk dan berada jauh dari kota, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata untuk menghilangkan penat setelah lelah dengan rutinitas yang dijalani. Air terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian kurang lebih setinggi 50 meter dari atas tebing yang cukup tinggi. Untuk mencapai air terjun, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang penuh terjal atau bisa juga melewati sungai Oya dengan menaiki perahu. Kebanyakan pengunjung memilih untuk menaiki perahu karena bisa menikmati pemandangan dan suasana dengan santai.

Untuk bisa menikmati air terjun Sri Gethuk ini, pengunjung akan dikenakan tarif yang bisa terbilang sangat terjangkau. Untuk sekali masuk, pengunjung akan dikenakan biaya Rp7.000,00/orang. Selain itu, jam operasional wisata air terjun Sri Gethuk ini buka sekitar pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari dari Senin hingga Minggu. Setelah itu, Anda dapat menikmati suguhan pemandangan yang begitu menakjubkan, sebab air terjun Sri Gethuk berada di antara sungai Oya yang dikelilingi oleh area persawahan nan hijau serta airnya selalu mengalir jernih tanpa mengenal musim apapun. Hal yang cukup unik dari air terjun Sri Gethuk ini salah satunya mengenai penamaan dari wisata air terjun sendiri. Penamaan air terjun Sri Gethuk berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan sebuah kethuk atau salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Pada waktu tertentu, beberapa masyarakat yang berada di padukuhan Menggoran sering mendengar suara gamelan yang mengalim dari arah air terjun. Oleh karena itu, berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat tersebut, munculah nama air terjun Sri Gethuk.

Bagi siapapun yang ingin mendengar suara alam yang sangat natural, air terjun Sri Gethuk merupakan pilihan tempat yang cocok. Anda bisa datang bersama keluarga maupun teman-teman. Jika Anda ingin melakukan perjalanan menuju air terjun Sri Gehuk dengan leluasa, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu, akses jalan menuju air terjun Sri Gethuk ini bisa dibilang cukup mudah. Banyak plang atau papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan perjalanan Anda menuju lokasi. Selain itu, akses jalan yang dilalu juga tidak terlalu sulit karena jalan sudah cukup bagus. Jangan lupa untuk membawa perbekalan pribadi Anda, karena lokasi air terjun Sri Gethuk sedikit masuk ke dalam dan jauh dari warung-warung. Anda bisa menikmati perbekalan makanan yang Anda bawa secara pribadi sambil menikmati suasana syahdu seolah-olah menyatu dengan alam di tempat wisata air terjun Sri Gethuk. Hal yang perlu diingat, tetaplah menjaga kebersihan lingkungan setempat.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply