Objek Wisata Menarik di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

Kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan selalu memilik daya tarik tersendiri sehingga banyak pengunjung yang ingin datang dan menikmati keseruan di sebuah hutan yang dipenuhi oleh tumbuhan pinus ini. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta ini, bisa ditempuh kurang lebih sekitar satu jam perjalanan, bisa dijadikan referensi perjalanan wisata Anda saat berkunjung ke Yogyakarta. Akan tetapi, selain Hutan Pinus Mangunan, masih ada beberapa tempat di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang dijadikan tempat wisata unik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi yang lokasinya berada di sekitar Hutan Pinus Mangunan.

Puncak Becici

Karena lokasi Hutan Pinus Mangunan ada di dataran tinggi, maka tempat wisata di sekitarnya juga berada di puncak bukit atau berada di dataran tinggi. Puncak Becici merupakan sebuah bukit yang menghadirkan pemandangan hijau dengan udara yang begitu sejuk dan segar dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari tempat wisata Hutan Pinus Mangunan. Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit yang dikembangkan enjadi tempat wisata ini memilik daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung. Selain itu, tempat ini merupakan spot menarik yang cocok untuk mengabadikan momen sunset.  Bagi pengunjung yang akan menikmati suasana dan pemandangan di Puncak Becici ini tidak dikenakan biaya tiket masuk dan hanya membayar tiket parkir kendaraan.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan ini berada di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan nan hijau yang membuat nyaman ditambah dengan udaranya yang sejuk dan alami. Meskipun nama tempat wisata ini ialah Kebun Buah Mangunan, tetapi pohon-pohon buah yang tumbuh di sekitar sini hanyalah pohon belimbing dan pohon rambutan. Fokus utama dari tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini ialah gardu pandang yang keberadaan terdapat di atas bukit dan menjadi salah satu temat atau spot menarik dan terbaik yang dapat digunakan untuk melihat Geopark Gunung Sewu. Selain itu, Kebun Buah Mangunan juga dijadikan sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise maupun sunset yang cantik di Yogyakarta. Untuk pengunjung yang akan menikmati pemandangan alam di Kebuh Buah Mangunan, akan dikenakan biaya atau tiket masuk sebesar Rp.5.000,00/orang, sedangkan ja operasional kawasan wisata Kebun Buah Mangunan dibuka pukul 04.30 hingga pukul 18.00 WIB setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Bukit Panguk

Bukit Panguk ini lokasinya berada di desa yang sama dengan tempat wisata Kebun Buah Mangunan, di padukuhan Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemandangan yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi Bukit Panguk sama dengan saat Anda mampir ke Kebun Buah Mangunan, yaitu pemandangan alam nan hijau dari Geopark Gunung Sewu. Jika Anda mengunjungi Bukit Panguk pada pagi hari sekaligus untuk menikmati momen sunrise, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kabut yang menyelimuti kawasan Geopark Gunung Sewu.

Hutan Pinus Pengger

Nama Hutan Pinus Pengger ini mungkin belum begitu familiar di telingan wisatawan jika dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan. Padahal lokasinya berada di kawasan yang sama denganh Hutan Pinus Mangunan dengan jarak kurang lebih 4 kilometer. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya malam hari, karena ada sebuah spot di dekat pendopo yang menghadirkan pemandangan indah seperti di Bukit Bintang, Pathuk, Yogyakarta. Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Pengger ini juga sudah terbilang lengkap, di antaranya gazebo, warung sederhana, mushala, toilet umum, ayunan, tempat duduk nyaman dari pohon pinus yang sudah mati

 

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply