Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan (Bagian Dua)

Pada tulisan sebelumnya sudah ada beberapa objek wisata menarik di sekitar candi Prambanan, selanjutnya tempat berikut ini juga akan membahas mengenai objek wisata menarik di sekitar candi Prambanan sebab banyak sekali wisata yang terdapat di sekitar candi Prambanan. Berikut ini merupakan beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Yogyakarta atau saat Anda melakukan wisata ke Candi Prambanan, Anda bisa mampir ke tempat-tempat berikut ini.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo berada di dusun Cepit, desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk pengunjung yang akan melihat keindahan dan keunikan candi Banyunibo bisa membayar tiket masuk sebesar Rp2.000,00/orang. Candi Banyunibo sendiri memiliki satu bangunan candi induk yang arahnya menghadap ke barat dan memiliki enam bangunan candi pewara atau candi kecil sebagai candi pendamping yang letaknya sebelah timur dan selatan dari candi induk. . Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 yaitu pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno. Ciri khas candi Banyunibo salah satunya terdapat stupa di bagian atas candi yang merupakan ciri khas dari agama Buddha. Candi ini juga awalnya ditemukan dalam keadaan runtuh yang kemudian digali dan mulai diteliti tahun 1940. Candi Banyunibo masih sangat jarang diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan karena belum terlalu tereksplor dibandingkan dengan candi-candi besar lainnya yang sama-sama berada di satu kawasan, seperti candi Prambanan dan candi Ratu Boko.

Situs Arca Gupolo

Pengunjung yang kebetulan sedang melakukan perjalanan ke candi Prambanan, atau bahkan sedang berkunjung ke candi Ijo dan candi Barong bisa datang ke sebuah situs yaitu Situs Arca Gupolo. Situs yang terletak di dekat candi Ijo dan candi Barong ini cukup unik dan merupakan kumpulan dari 7 buah arca dalam agama Hindu. Patung Agastya adalah patung yang ditemukan oleh penduduk setempat di area situs tersebut dan kemudian diberi nama Gupolo. Penduduk setempat percaya bahwa Gupolo adalah sebutan untuk arca yang ukurannya raksasa yang biasanya bertugas sebagai penjaga pintu. Situs arca Gupolo ini terletak di dusun Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah hutan di ketinggian 195 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai lokasi situs ini, pengunjung harus menitipkan kendaraannya di rumah warga kemudian bisa melanjutkan perjalanan yang sedikit mendaki dan menuruni bukit dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup licin.

Candi Barong

Candi Barong merupakan candi dengan corak agama Hindu dan berada di sisi tenggara komplek candi Ratu Boko. Candi ini terletak di bukit bernama Batur Agung pada ketinggian kurang lebih 199 meter dari permukaan laut. Lokasi candi Barong ada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Barong diperkirakan dibangun pada abad ke-9 dan merupakan peninggalan kerajaan Medang pada periode Mataram. Untuk menikmati candi Barong ini, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000,00/orang untuk wisatawan domestik dan Rp10.000,00/orang untuk wisatawan mancanegara. Jam operasional candi Barong dibuka setiap hari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Candi Kalasan

Candi Kalasan sering disebut juga dengan sebutan candi Tara karena bangunan candi ini konon dipersembahkan untuk Dewi Tara. Candi Kalasan berada di Jalan Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kalasan ini memang belum terlalu populer dibandingkan dengan candi lain yang berada di sekitar Prambanan. Candi ini merupakan candi Budha tertua di Yogyakarta. Pengunjung akan dikenakan tarif Rp5.000,00/orang, sedangkan jam operasional dibuka setiap hari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply