Menyelami Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul

Menyelami Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul – Wisata alam pantai sadranan memiliki pemandangan pantai yang sangat indah dan banyak digemari oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara. Wisata alam ini cocok untuk berlibur melepas penat setelah berhari hari sibuk dengan berbagai macam aktivitas. Selain bisa menikmati keindahan pantai sadranan dari permukaannya, wisatawan juga bisa menyelami keindahan bawah laut pantai sadranan dengan mencoba olah raga snorkeling. Banyak paket wisata yogya yang berlomba lomba menawarkan paket liburan seru ke pantai sadranan gunung kidul.

Wisata alam Pantai Sadranan berada di dusun pulegundes II, desa sidoharjo, kecamatan tepus, kabupaten gunung kidul. Lokasi Pantai Sadranan memang agak tersembunyi diapit diantara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong. Meskipun begitu, pantai sadranan tetap terkenal diantara para wisatawan terutama karena panorama keindahan pasir pantainya serta pemandangan bawah laut pantai sadranan yang tak kalah mempesona.

Pantai sadranan selain sebagai objek wisata alam juga digunakan warga sekitar sebagai tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi. Nama pantai sadranan sendiri berasal dari kata ‘nyadran’ yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah mereka dapatkan yang  berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Nyadran merupakan salah satu bentuk cara  mengungkapkan rasa syukur dan mengingat kuasa-Nya atas penciptaan  laut, sungai, gunung, langit, dan segala ciptaan-Nya di bumi ini.

Pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada saat akhir pekan, banyak wisatawan yang mendirikan tenda  dan menikmati malam di tepi pantai sambil bermain-main air. Selain bersantai menikmati indahnya lautan dengan gulungan ombak yang berlarian menuju pinggiran pantai, wisatwan juga dapat mencoba olah raga snorkeling untuk mengenal kaindahan bawah laut dan kehidupan biota laut yang ada didalamnya.

Pemandangan bawah laut pantai sadranan pun tak kalah indahnya, dengan pemandangan terumbu karang yang cantik menghiasi sepanjang bibir pantai dan ikan-ikan yang beraneka ragam. Jangan lupa menggunakan pelindung kaki agar kaki tidak terluka akibat terkena karang dan tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak atau menginjak terumbu karang  yang ada didalamnya. Wisatawan bisa menikmati indahnya pantai sadranan dengan bergabung dengan paket wisata yogya yang menawarkan liburan seru ke panatai sadranan gunung kidul.

Sebelum melakukan snorkeling, wisatawan harus mengetahui waktu yang tepat untuk melakukannnya, yaitu pada saat laut sedang surut di pagi ataupun sore hari. Bagi wisatawan yang tidak membawa alat snorkel tidak perlu khawatir sebab di sana terdapat tempat untuk menyewa perlengkapan snorkel. Wisatawan cukup membayar Rp 50.000 untuk menyewa alat snorkel. Wisata alam ini sangat cocok untuk para pecinta travelling yang menyukai wisata alam bawah laut menikmati indahnya batuan karang serta beraneka ragam biota laut yang hidup di dalamnya.

Jika ingin berkunjung ke lokasi pantai sadranan, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang . Jika wisatwan menggunakan kendaraan pribadi akan diikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan bermontor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

Untuk menuju ke Pantai Sadranan wisatawan bisa mengambil jalan lewat pantai krakal, lalu susuri jalan sepanjang pantai krakal ke arah timur sampai menemukan petunjuk jalan masuk menuju area pantai sadranan. Fasilitas umun yang ada di wisata alam ini seperti tempat parkir, toilet,kamar mandi, warung makan, dan fasilitas fasilitas yang lain.

Bergabunglah dengan paket wisata jogja untuk merasakan keseruan berwisata ke panatai sadranan gunung kidul.

 

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

Leave a Reply