Siapa yang tidak mengenal sunset? Pasti Anda semua sudah tidak asing dengan kata tersebut. Sunset adalah fenomena matahari terbenam. Banyak orang mengabadikan momen ini dengan berfoto karena keindahan tersendiri yang bisa didapatkan. Untuk dapat menikmati sunset yang indah, kita harus mengetahui spot-spot menarik yang cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan sunset. Di Yogyakarta, banyak sekali tempat atau spot yang cocok dijadikan untuk momen mengabadian sunset. Berikut ini merupakan spot menarik yang bisa ditemui jika Anda berkunjung ke Yogyakarta untuk menikmati sunset di sini.

Kalibiru

Kalibiru merupakan sebuah kawasan di Pegunungan Menoreh yang menghadirkan pemandangan berupa hutan wisata. Lokasi Kalibiru ada di Desa Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, di. Yogyakarta. Kalibiru menghadirkan suasana senja yang begitu cantik dan memukau. Selain itu, banyak sekali spot-spot foto yang disediakan di temat ini. Dari tempat Kalibiru ini, Anda juga dapat melihat Waduk Sermo dari kejauhan ang dikelilingi perbukitan.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran merupakan tempat yang sangat unik dan menarik untuk menikmati senja, karena di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan sunset di sebuah danau buatan di atas bukit. Lokasi Embung Nglanggeran ini ada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidu, Yogyakarta. Letak Embung Nglanggeran ini juga tidak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Karena keduanya sama-sama menghadirkan tempat yang cocok untuk menikmati senja, Anda dapat memilih akan berburu senja ke Embung Nglanggeran atau Gunung Api Purba. Jika bingung, Anda bisa juga menikmati sunrise atau matahari terbit di Gunung Api Purba dan menikmati sunset di Embung Nglanggeran., begitu pun bisa sebaliknya.

Bukit Bintang

Walaupun tempat yang digunakan untuk berburu sunset di Bukit Bintang ini sederhana, tetapi ada suasana tersendiri yang unik dan menarik hingga Anda terpukau dengan tempat ini kala menikmati senja. Bukit Bintang ini adalah tempat nongkrong yang tempatnya berada di perbukita Patuk, Jalan Raya Wonosari – Yogyakarta. Bisa dibilang Anda akan menikmati suasana senja di pinggir trotoar jalan besar ditemani secangkir kopi agar suasana menjadi lebih syahdu. Banyak anak muda yang datang di sini untuk menikmati sunset yang sederhana.

Pantai Glagah Indah

Selain Kalibiru, Kulonprogo juga punya tempat lain untuk menikmati sunset yang indah. Salah satunya di Pantai Glagah Indah atau biasa disebut dengan sebutan  Pantai Glagah saja. Lokasi pantai Glagah ini terletak di desa Glagah, kecamatan Temon, kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 40 kilometer ke arah barat, sedangkan jarak dari ibukota kabupaten Kulonprogo kurang lebih 15 kilometer ke arah barat. Hal yang paling dinantikan pengunjung dari keindahan pantai Glagah adalah saat sunset atau pemandangan matahari tenggelam tiba. Pengunjung bisa menikmati sunset dengan jelas di pantai ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset yan indah tersebut ketika Anda berkunjung di saat sore hari hari menjelang waktu petang.

Candi Abang

Tempat yang selanjutnya ini juga cukup unik, karena memang waktu yang tepat untuk datang ke candi Abang ini ialah saat pagi hari ataupun sore hari. Candi Abang sering disebut dengan bukit telletubies karena tempatnya menyerupai sebuah bukit. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Lokasi candi Abang berada di Dusun Sentorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply