Menikmati Sunset di Pantai Glagah Indah, Kulonprogo

Pantai Glagah Indah, Kulonprogo

Yogyakarta selalu menjadi destinasi utama bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat yang eksotis. Wisata pantai di Yogyakarta masih menjadi tujuan para wisatawan untuk dikunjungi. Salah satu pantai unik yang terdapat di Yogyakarta ialah pantai Glagah Indah. Lokasi pantai Glagah ini terletak di desa Glagah, kecamatan Temon, kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 40 kilometer ke arah barat, sedangkan jarak dari ibukota kabupaten Kulonprogo kurang lebih 15 kilometer ke arah barat.

Pantai Glagah Indah, Kulonprogo

Jika pengunjung ingin melihat pesona alam yang ditawarkan di pantai ini, akses jalan dan rute jalan yang harus ditempuh untuk mencapai pantai Glagah sangatlah mudah. Pengunjung yang datang dari arah kota Yogyakarta harus menempuh perjalanan menuju Jalan Wates – Sentolo – Kota Wates – Jalan Raya Wates-Purworejo – kemudian belok kiri saat Anda menemukan plang menuju arah pantai Glagah. Selain rute tersebut, pengunjung yang berasal dari arah Yogyakarta bisa melewati Jalan Bantul – Kota Bantul – belok kanan dari lampu lalu lintas Palbapang – Jalan dan jembatan Srandakan – belok kiri mengikuti plang ke arah pantai Glagah.

Pengunjung yang akan masuk ke kawasan pantai Glagah ini akan dikenakan biaya tiket retribusi masuk pantai sebesar Rp5.000,00/orang, sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000,00/kendaraan dan untuk kendaraan bermobil akan dikenakan tarif parkir Rp5.000,00/kendaraan. Setelah itu, pengunjung akan menyusuri jalan menuju pantai yang sepanjang jalan di sisi kanan dan kiri berjajar kios-kios yang menjajakan souvenr khas dari pantai Glagah ini. Selain kios souvenir, pengunjung juga akan menemukan banyak sekali jajanan atau kios makanan yang berjajar sepanjang jalan menuju pantai. Jajanan yang ditawarka juga cukup beragam, seperti makanan laut (seafood), jagung bakar, sosis bakar, kelapa muda, dan lainnya. Untuk tarif harga makanan atau jajanan yang ditawarkan kan pun juga tidak terlalu mahal.

Pantai Glagah memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Di antaranya ialah adanya laguna yang terdapat di pantai ini. Laguna adalah danau atau telaga asin dekat pantai yang dahulu merupakan bagian laut yang dangkal, kemudian terpisah oleh laut karena peristiwa geografi. Selain pengunjung dapat bermain di Laguna, pengunjung juga bisa melihat ombak dan laut dari jarak dekat dengan berada di atas tetrapods atau orang-orang menyebutnya dengan batu pemecah ombak. Selain itu, terdapat sebuah jalan yang memanjang menuju arah laut di mana pengunjung dapat langsung berinteraksi dengan alam dan melihat pemandangan tengah laut dari arah dekat tanpa takut terkena deburan ombah karena sepanjang jalan di sisi kanan dan kiri dipenuhi dengan batu-batu pemecah ombak. Hal yang paling dinantikan pengunjung dari keindahan pantai Glagah adalah saat sunset atau pemandangan matahari tenggelam tiba. Pengunjung bisa menikmati sunset dengan jelas di pantai ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset yan indah tersebut ketika Anda berkunjung di saat sore hari hari menjelang waktu petang.

Sekitar lokasi Pantai Glagah ini juga dikenal dengan perkebunan buah naga. Pengunjung juga bisa membeli buah naga khas daerah Glagah untuk dibawa pulang. Jika musim panen, biasanya harga buah naga juga murah, tergantung pintar-pintarnya Anda untuk menawar. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap. Fasilitas yang ada meliputi tempat parkir, toilet umum, mushala, aula pertemuan, tempat penginapan, dan warung-warung makan seafood khas pantai Glagah.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply