Mandi dan Berenang di Blue Lagoon Yogyakarta

Yogyakarta dikenal dengan beragam wisata alam yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu wisata di Yogyakarta cukup unik ialah Blue Lagoon. Dilihat dari penamaannyasaja, tempat ini mengundang rasa penasaran wisatawan untuk sejenak mampir dan menikmati suasana di sekitarnya. Blue Lagoon sebenarnya bernama Pemandian Tirta Budi yang merupakan wisata pemandian. Wisata ini masih terbilang asri karena belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata ini, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat refreshing atau atempat alternatif dalam menghilangkan penat setelah rutinitas dan aktivitas yang dijalani. Lokasi Blue Lagoon ini berada di Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal unik yang ditemukan saat kita mengunjungi Blue Lagoon ialah warna airnya yang berwarna biru laut. Air di Blue Lagoon berasal dari mata air yang mengalir, sehingga tempat pemandian ini cukup berbeda dengan tempat pemandian lainnya. Selain itu, karena airnya berasal dari mata air langsung, maka kita aka mendapatkan kesegaran alami saat kita berendam maupun mandi di tempat pemandian tersebut. Air yang berada di Blue Lagoon ini juga dipercaya oleh masyarakat dapat menghilangkan penyakit seperti reumatik, gatal-gatal, kecapekan, dan lainnya. Blue Lagoon memiliki tiga buah mata air yang jga unik yaitu Belik Kluwih, Sendang Lanang, dan Sendang Wadon.

Bagi Anda yang ingin menikmati rasanya mandi di Pemandian Blue Lagoon ini, harus membayar tiket masuk. Jangan khawatir jika terlalu mahal, karena untuk bisa menikmati air jenih dan segar dari Blue Lagoon ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk tiket masuk ke Blue Lagoon, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rpp3.000,00/orang., sangat terjangkau bukan? Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan tarif biaya parkir. Untuk parkir motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000,00/kendaraan dan untuk mobil Rp5.000,00/kendaraan. Selain itu, jika pengunjung ingin menggunakan fasilitas toilet umum untuk mandi dan yang lainnya, akan dikenakan tarif sebesar Rp2.000,00/orang. Jam operasional wisata Blue Lagoon ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB dan buka setiap hari.

Pengunjung bisa menikmati air jernih sepuasnya yang ada di Blue Lagoon. Bagi pengunjung yang ingin menguji nyalinya, bisa terjun atau melompat dari pemabatas bendungan ke air yang kedalamannya kurang lebih tiga meter. Jika pengunjung takut tetapi ingin mencoba berenang-renang di bendungan air yang kedalamannya mencapat tiga meter itu, pihak pengelola wisata Pemandian Tirta Budi atau Blue Lagoon sudah menyediakan ban pelampung yang bisa digunakan untuk berenang hingga ketengah bendungan. Jangan khawati jika takut terjadi sesuatu, karena ada penjaga yang tugasnya juga mendampingi para pengunjung saat berenang atau mandi di bendungan sehingga keamanan sudah terjamin. Pengunjung yang lelah setelah bermain air dan merasa lapar, dapat juga membeli makan di warung-warung terdekat. Jadi pengunjung tetap bisa menikmati suasana sekitar sambil menyantap makanan yang dijual di warung-warung sekitar.

 Bagi pengunjung yang hobi dengan fotografi, ada beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto. Terdapat beberapa gazebo juga yang bisa digunakan untuk beristirahat bila pengunjung merasa kelelahan setelah bermain air. Tempat ini juga menyewakan perlengkapan berenang, seperti kacamat, ban, kamera, celana, waterproof, dan lainnya. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung di antaranya area parkir yang luas, toilet umum dan ruang ganti, mushala, tempat penitipan barang, taman dan gazebo, penginapan, dan penyewaan perlengkapan mandi. Jika Anda ingin mandi di sini, dilarang untuk menggunakan sabun atau shampoo karena akan mencemari aliran air yang ada di sini.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply