Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja

Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja

Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja, Pulang dari Jogja mau bawa oleh-oleh makanan apa saja ya? Pasti kalian merasa aneh jika pulang dari Jogja tanpa membawa makanan yang dibagi-bagi. Adanya kalian diserbu dengan pertanyaan “Oleh-olehnya mana?”

Tentu ada cukup banyak Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja yang bisa anda pilih untuk dibawa pulang. Nah berikut Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja yang bisa kamu jadikan buah tangan;

Daftar Makanan Wajib Oleh-Oleh Khas Jogja

BAKPIA

Camilan satu ini pasti tidak asing dong. Bakpia memang menjadi salah satu buah tangan favorit yang dibawa pengunjung ketika berkunjung ke Jogja. Dahulu bakpia diisi oleh daging babi, namun adanya pengaruh islam di Jawa maka bakpia diganti isiannya dengan kacang yang dicincang dan diberi perasa manis gula. Sekarang ini banyak sekali varian rasa bakpia selain kacang, seperti keju, cokelat ataupun ubi ungu. Bakpia bisa kamu temukan di toko oleh-oleh di Malioboro, Pasar Beringharjo maupun outlet-outlet Bakpia di Jogja.

YANGKO

Yang manis-manis berikutnya adalah Yangko. Yangko disebut sebagai “mocinya Jogja”.  Bedanya adalah Yangko dibuat kotak-kotak dan warna-warni. Satu kotak Yangko biasanya berisi 30 buah dengan rasa yang bervarian. Yangko bisa kamu temukan di segala sudut Jogja. Namun Yangko yang paling popular di Jogja adalah Yangko Pak Prapto di Jl. Pramuka No. 82 Yogyakarta.

GEPLAK

Selanjutnya adalah Geplak. Geplak bisa kamu jadikan referensi oleh-oleh khas Jogja nih. Rasanya yang manis membuatmu selalu ingin mencoba makanan yang satu ini. Terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuran gula ini sudah mulai dimodifikasi sehingga bisa dinimati dengan berbagai varian rasa dan warna yang semakin menarik.

GUDEG KERING

Ingin gudeg dibawa pulang tapi takut basi? Gudeg Kering bisa Anda jadikan oleh-oleh. Berbeda dengan gudeg basah, Gudeg Kering dimasak lebih lama dan rasanya cenderung lebih manis daripada gudeg basah. Dari sentra gudeg yang ada di Jogja, Anda bisa membawa Gudeg Kering dari outlet Yu Djum. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, gudeng kering bisa dinikmati selama tiga hari dan sebaiknya disimpan di lemari es. Untuk pengemasannya bisa menyesuaikan selera Anda, bisa menggunakan besek ataupun kendil.

COKLAT MONGGO

Cita rasa cokelat asal Belgia bisa Anda nikmati tanpa harus berbelanja di Belgia lho. Di Yogyakarta terdapat cokelat Monggo yang pembuatnya asli dari Belgia. Sehingga kualitas dan rasa tentu sesuai racikan cokelat khas Belgia ya. Meskipun pemiliknya orang asing, coklat ini tetap ada unsur Jawa yaitu “Monggo” yang berarti “silahkan”. Untuk memperolehnya Anda bisa datangi langsung ke Jl. Dalem KG III/978, Kota Gede Yogyakarta.

Demikian lima pilihan oleh-oleh khas Yogyakarta dari makanannya. Semoga bermanfaat. Jika sobat ndak ingin repot dalam berlibur sahabat bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

 

About Author

client-photo-1
Admin
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.