Lorong Cantik di Hutan Pinus Mangunan, Bantul

Banyak sekali tempat wisata hits dan populer di Yogyakarta. Dikatakan demikian, karena tempat wisata tersebut mulai banyak dikenal dan didatangi oleh wisatawan yang penasaran dengan tempatnya. Salah satu tempat wisata yang masih terbilang baru dan ramai dibicarakan oleh wisatawan ialah Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Nganjir. Dari namanya saja sudah dapat dipastikan bahwa objek wisata ini menghadirkan suasana hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon pinus. Wisata Hutan Pinus Mangunan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin beristirahat dari penatnya aktivitas dan rutinitas yang dijalani, karena tempat ini menghadirkan hawa pegunungan yang sejuk dan jauh dari solusi dan jarang ditemui di kota-kota besar.

Hutan Pinus Mangunan berada di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini cocok dijadikan alternatif liburan bersama keluarga. Pengunjung yang datang bisa menikmati suasana hutan dengan udara yang segar dan alami serta bisa merasa nyaman duduk dengan santai di tempat duduk yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa membawa perbekalan makanan dan minuman yang bisa dinikmati di sini sambil menggelar tikar dan duduk dengan santai.

 Tempat wisata Hutan Pinus Mangunan selain cocok digunakan untuk bersantai dengan keluarga , juga bisa digunakan untuk foto pre-wedding. Akan tetapi, akan dikenakan biaya tambahan dari sebagai tiket masuk atau tiket sewa tempat yaitu sebesar Rp50.000,00, sedangkan untuk pengunjung biasa yang akan menikmati suasana di Hutan Pinus Mangunan tidak dikenakan biaya atau tiket masuk kawasan wisata dan hanya dikenakan tarif parkir kendaraan. Untuk biaya parkir sepeda motor dikenakan tarif Rp3.000,00/kendaraan, mobil sebesar Rp10.000,00/kendaraan, dan bus sebesar Rp20.000,00/kendaran. Bagi pengunjung yang ingin menyewa hammock juga akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000,00. Jam operasional tempat wisata Hutan Pinus Mangunan dibuka pukul 06.00 hingga pukul 17.30 WIB setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Sebelum melakukan perjalanan menuju lokasi Hutan Pinus Mangunan, alangkah baiknya jika Anda mengecek kendaraan yang akan digunakan karena akses jalan menuju ke lokasi dipenuhi dengan tanjakan dan tikungan tajam yang cukup berbahaya. Selain itu, Anda harus berhati-hati jika hujan terjadi dan mengguyur kawasan Hutan Pinus Mangunan karena jalanan yang dilalui akan sangat licin. Setelah sampai di lokasi, pengunjung harap untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, maka buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Jangan sampai sampah yang Anda buang secara sembarangan dapat mencemari kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan sehingga bisa menimbulkan kerusakan alam sekitar.

Kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan ini berada di wilayah Resort Pengelolaan Hutan yang dipenuhi tumbuhan pinus. Banyak spot-spot menarik yang cocok digunakan sebagai tempat berfoto. Selain sebagai salah satu tempat tujuan pre-wedding, banyak anak-anak muda yang ingin mengabadikan momen dengan melakukan foto di beberapa spot seperti di deretan pinus yang tumbuh subur dan tertata dengan rapi. Tempat ini juga tidak kalah menarik dengan hutan-hutan yang sering dijadikan objek kamera seperti yang ada di luar negeri. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati dan digunakan oleh pengunjung yang datang di antaranya ialah gardu pandang, warung-warung sederhana, mushala, toilet atau WC umum, dan tempat parkir. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu Anda dan berkunjung ke tempat yang menarik ini untuk menambah referensi tempat perjalanan wisata Anda.

 

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply