Kemegahan Candi Borobudur di Magelang

Kemegahan Candi Borobudur di Magelang

Tempat Wisata di JogjaKemegahan Candi Borobudur di Magelang Agak sedikit berbeda dari sebelumnya yang sering kali menulis mengenai wisata di Yogykarta, kali ini akan sedikit melenceng namun lokasinya tidak jauh dari kota istimewa Yogyakarta.

Kemegahan Candi Borobudur di Magelang

Siapa sih yang tidak mengenal candi Borobudur, kemegahannya begitu populer dan diakui oleh dunia. Wisata candi Borobudur ini merupakan wisata yang sangat terkenal dan wajib untuk dikunjungi jika pengunjung datang atau berwisata ke kota Yogyakarta atau kota Magelang. Candi Borobudur tidak dapat dipisahkan dari kota Magelang, karena bangunan candi ini berdiri kokoh di kota Magelang, Jawa Tengah, tetapi karena letaknya dekat dengan Yogyakarta, pengunjung biasanya akan mengiran bahwa candi ini berada di provinsi Yogyakarta. Candi Borobudur ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dan cagar budaya dunia pada tahun 1990 lalu.

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia bahkan terbesar di dunia ini terletak di sebelah barat daya dengan jarak 100 kilometer, di sebelah barat Solo sekitar 86 kilometer, dan di sebelah barat laut Yogyakarta sekita 40 kilometer. Candi ini didirikan tahun 800 Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra dan berbentuk stupa. Candi ini selain digunakan oleh umat Budha sebagai tempat beribadah, juga dijadikan objek wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh pengunjung umum.

Bangunan ini ditemukan tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yaitu Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa dan ditemukan dalam keadaan tertimbun abu vulkanik serta semak belukar. Candi ini telah mengalami beberapa upaya pemugaran, salah satu pemugaran terbesar saat it terjadi pada tahun 1975 sampai 1982 oleh Pemerintah Republik Indonesia. Setiap tahun umat Buddha selalu berkumpul untuk memperingati hari besar Waisak. Pengunjung yang datang biasanya berasal dari seluruh penjuru Indonesia maupun penjuru dunia. Mereka yang berkunjung juga terkadang melakukan ziarah keagamaan di tempat ini.

Lokasi tepat candi Borobudur ini terletak di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan harga tiket masuk kawasan Borobudur ini untuk orang dewasa sekitar Rp30.000,00/orang dan untuk anak-anak dan pelajar sekitar Rp12.500,00/orang belum termaksud biaya parkir kendaraan. Bagi pengunjung asing atau mancanegara dikenakan tarif untuk orang dewasa sebesar 20 USD dan untuk anak-anak sebesar 10 USD. Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur juga menyediakan tiket dalam bentuk paket. Tiket terusan ini dapat digunakan sebagai tiket masuk candi lainnya, yaitu candi Prambanan dan candi Ratu Boko. Untuk harga tiket masuk candi Borobudur dengan paket wisata Paket Borobudur – Prambanan, akan dikenakan tarif bagi pengunjung dewasa sebesar Rp50.000,00/orang dan untuk anak-anak atau pelajar sebesar Rp22.000,00/orang. Untuk harga tiket masuk candi Borobudur dengan paket wisata Paket Borobudur – Ratu Boko, pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp50.000,00/orang dan untuk anak-anak atau pelajar sebesar Rp20.000,00/orang. Biasanya pengunjung akan ramai datang pada saat libur panjang sekolah, libur akhir pekan, dan libur nasional. Jam buka candi Borobudur ini sekitar pukul 06.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 sore.

Candi Borobudur ini berbentuk stupa dan terdiri atas 6 buah teras berbentuk bujur sangkar ditambah 3 buah pelataran di bagian atas berbentuk lingkaran. Terdapat 2.600 panel relief dan 504 arca Buddha. Bagian stupa terbesar diletakkan di tengah candi dan dikelilingi oleh 3 barisan yang melingkar dengan 72 stupa yang bagian dalamnya terdapat araca Buddha yang sedang duduk bersila.

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dalam seni sastra dan budaya bisa datang ke candi Borobudur. Pengunjung bisa mengamati sekaligus membaca panel relief dalam dinding candi. Jasa pemandu yang ditawarkan di sini akan siap membantu pengunjung untuk memahami cerita di balik dinding relief tersebut. Pengunjung yang akan membaca cerita di dinding relief harus mengitari candi searah jarum jam atau dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah. Di dalam kompleks candi Borobudur terdapat pelataran hijau yang luas dan bisa digunakan untuk mengelilingi tempat wisata ini dengan menyewa sepeda yang ada di situ. Jika pengunjung membawa anak-anak kecil, jangan lupa mencoba kereta kelinci yang tersedia di sana atau bisa naik andong untuk berkeliling mengitari candi Borobudur ini.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat ini yang jangan sampai terlewatkan ialah mengabadikan momen Anda di candi ini. Bagi penyuka fotografi, pengunjung bisa datang dan menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam dengan mempersiapkan kamera yang sudah dibawa untuk mengabadikan momen indah tersebut. Kegiatan lainnya lagi yang bisa dilakukan yaitu pengunjung tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi dan berburu souvenir khas Magelang atau candi Borobudur ini. Pengunjung bisa membeli aneka macam pernak-pernik unik di kios-kios souvenir yang terletak tidak jauh dari kompleks candi. Souvenir yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti kaos, topi, tas, dompet, gantungan kunci, dan miniatur candi. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi dan masih bisa ditawar.

Keunikan lain yang ditemukan di candi ini ialah arsitektur bangunan yang menarik. Borobudur dikenal sebagai mahakarya atau senia yang ada di Indonesia dengan teknik arsitektur yang selaras dan adanya unsur estetika seni rupa Buddha di Indonesia. Bangunan di candi ini adalah perwujudan dari perpaduan antara pemujaan leluhur atau nenek moyang Indonesia dengan ajaran Buddha untuk mencapai Nirwana. Selain itu, bangunan dalam candi Borobudur juga merupakan sebagai perwujudan periode prasejarah di Indonesia pada masa Megalitikum, sehingga bangunan menyerupai punden berundak atau mirip seperti piramida. Jika dilihat dari dinding pahatan, reliefdi candi ini menampilkan banyak gambar dengan bentuk bangunan vernakular tradisional Nusantara. Banyak sekali arkeolog yang datang untuk melakukan penelitian dan mencermati bagaimana kehidupan masa lalu di Nusantara abad ke 8 dan ke 9 dengan merujuk pada relief candi. Relief yang paling terkenal di candi Borobudur ialah relief yang menggambarkan kapal Borobudur, yaitu kapal kayu becadik khas Nusantara. Relief kapan tersebut juga menunjukkan bagaimana kehidupan bahari purbakala zaman dulu. Replika kapal besar berdasarkan releif di candi tersebut tersimpan di Museum Samudra Raksa, letaknya sebelah utara candi Borobudur.

Keunikan lain yang bisa dirasakan di candi ini ialah panorama atau pemandangan di sekitar candi Borobudur yang menampilkan hamparan alam yang membentang luas. Keadaan sekitar atau lingkungan yang berada di sekitar candi dapat dilihat dengan jelas dari titik tertinggi candi Borobudur. Jadi jangan sampai melewatkan pemandangan alam dengan latar hamparan bukit dan bentang alam di atas langit biru yang begitu eksotik dan tidak akan mengecewakan. Keindahan alam lainnya yang dapat dinikmati di candi Borobudur ialah tempat ini dijadikan spot terbaik dalam menikmati sunrise dan sunset di Indonesia. Udara di sekita candi pun sejuk dan dingin, sehingga menambah kesan damai dan tenang dalam menikmati keindahan alam di sini. Keberadaan patung dan stupa juga turut memberikan kesan yang unik dalam diri pengunjung. Jadi jangan pernah melewatkan candi Borobudur yang merupakan hasil karya peradaban masa lampau bernilai seni tinggi dan penuh nilai historis.

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata candi borobudur ini anda bisa bergabung dengan paket wisata jogja di tempatwisatadijogja.com ini karena ada banyak paket wisata jogja yang menawarkan kunjungan ke objek wisata candi budha terbesar di dunia ini.

 

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

Leave a Reply