Keindahan Panorama Yogya Dari Atas Tebing Breksi

Keindahan Panorama Yogya Dari Atas Tebing Breksi – Salah satu objek wisata yang lagi ngehits dan banyak diburu oleh para traveller, wisata alam ini cocok bagi traveller yang menyukai tantangan. Objek wisata yang terletak di kabupaten sleman ini bernama tebing breksi. Wisata alam ini tergolong wisata alam yang baru dan sudah diresmikan pada 30 mei 2015.

lokasi ini banyak digunakan untuk olahraga ekstrim yang menantang adrenalin seperti panjat tebing dan olah raga sepeda gunung melewati track track bukit. Banyak pula spot menarik yang banyak digunakan untuk berburu foto dan cocok digunakan untuk lokasi foto prewedding. Dari puncak bukit, wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan candi prambanan, candi barong, candi sojiwan, megahnya gunung merapi serta landskap pemandangan kota yogya. Banyak paket wisata yogya yang menawarkan paket travelling ke Tebing Breksi Sleman.

Ada yang bilang wisata alam tebing breksi ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Pemandangan alam ditebing ini sangat luar biasa indahnya, bagi wisatawan yang mencapai puncak tebing tidak perlu khawatir repot, dikarenakan suda dibentuk anak tangga di sisi tebing menuju ke atas. Anak tangga di sisi tebing ini juga cantic untuk obyek berfoto. Rasa lelah akan terbayar sesampainya di atas bukit dengan suguhan panorama alam yang memukau.

Wisata alam tebing breksi tidak terbentuk secara alami, melainkan hasil dari aktifitas penambangan yang dilakukan warga sekitar selama bertahun tahun sejak tahun 80-an. Penelitian menunjukkan bahwa batuan kapur breksi yang ada di tempat itu adalah endapan abu vulkanik dari gunung api purba nglanggeran di gunung Kidul. Berdasarkan hasil temuan itu maka kawasan ini dijadikan sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan sehingga warga dilarang melakukan aktifitas penambangan.  Larangan tersebut menghasilkan ide dari masyarakat untuk menjadikan kawasan ini sebagai salah satu obyek wisata setelah melihat keindahan guratan bekas galian yang ada. Warga sekitar kemudian menamai tebing ini dengan nama “breksi”.

Tiket masuk ke wisata alam tebing breksi adalah gratis, wisatwan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000. Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan lokasi Candi Ijo kurang lebih sekitar satu kilometer. Wisatawan dapat menuju kelokasi ini dengan rute termudah yaitu melalui Candi Prambanan. Dari sini, jarak yang ditempuh adalah sekitar tujuh kilometer. Setelah sampai  di kawasan pasar Prambanan, pilih arah kanan menuju Piyungan. Kemudian ambil jalur kiri jika menemukan pertigaan, dan lurus terus sekitar satu kilometer meuju tebing Breksi. Pastikan kendaraan yang dipakai dalam kondisi prima karena jalan menuju tebing breksi sangat menanjak dan tidak mulus.

Bagi wisatawan disarankan untuk menggunakan penutup kepada bertali jika berkunjung ke lokasi ini, untuk lindungi kepala dari sinar matahari yang sangat terik dan angin kencang. Gunakan alas kaki yang senyaman mungkin, aman dan tidak licin untuk menghindar keseleo atau alas kaki rusak. Belum tersedia fasilitas di tempat ini, seperti misalnya toilet, tempat ibadah atau tempat sampah, sehingga wisatawan diharapkan dapat menyesuaikan kondisi ini. Mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jangan lupa membawa bekal air minum sendiri karena sangat jarang ditemui toko kelonting disana. Menurut rencana, akan dibangun area outbound di lokasi ini, sehingga fasilitas yang memadai akan segera dilengkapi. Wisata alam ke tebing breksi akan semakin seru jika wisatawan bergabung ke dalam paket wisata yogya.

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

Leave a Reply