Goa Sriti Gunungkidul Yogyakarta

Goa Sriti Gunungkidul

Perjalanan menjajahi goa yang ada di dalam Gunungkidul, Yogyakarta selalu memikat buat dibahas. Setiap obyek wisata rerata lantas simpan kejadian dibaliknya. Salah satunya Goa Sriti Gunungkidul Yogyakarta.

Goa Sriti Gunungkidul sebagai satu diantaranya tempat Wisata Goa di Gunungkidul yang harus buat anda singgahi apabila kamu liburan di Gunungkidul.

Dimulai pada mulut goa yang rendah serta rendah, kedalaman air yang bisa mencapai dada orang dewasa. Medan berliku-liku serta kedalaman yang berbeda jadi afair detil buat goa Sriti. Dalam goa ada lorong sempit yang hanya bisa dilewati satu pengunjung dengan status miring.

Betul-betul melawan. selanjutnya dapat ada palung kecil kedalaman 12m serasi dari muka lorong, jika tidak bisa berenang, pemandu siap membantu. Karenanya taati keputusan yang sudah diutarakan pemandu sebelum saat masuk gua.

Stalakmit serta stalaktit di goa Sriti ini mempunyai beberapa wujud yang unik dengan dipasang di tiap-tiap dinding. Dalam fantasi barangkali kelihatan serupa pungguk onta, bentuk fosil belut, batu badak bercula satu, serta batu-batuan lingga (ikon keperkasaan pria).

Baca Juga ; Wisata Pantai Jogja Wajib di Kunjungi

Goa Sriti menjadi Goa yang tempatnya tak jauh dari Goa Pindul ialah kurang lebih 500 mtr. samping barat Goa Pindul, Gunungkidul. Makna Sriti dipacu awalnya Goa ini menjadi goa buat sarang burung Sriti yang sama burung Wallet namun punya ukuran lebih kecil.

Riwayat Goa Sriti

Nyatanya goa yang mempunyai keindahan stalaktit serta stalakmit ini menyimpan sejarah serta cerita mistis. Infonya Prabu Angling Darma telah kerjakan pertapaan yang cukup lama biar mempunyai kesaktian yang tinggi. Tak cuma itu, Prabu Angling Darma menjelma jadi burung Belibis atau Meliwis Putih.

Menurut orang pada tempat setiap tahun Prabu Angling Darma menunjukkan diri di telaga Banyubening yang berada 600 mtr. dari obyek wisata goa Sriti.

Walaupun begitu penampakkan ini hanya bisa dilihat oleh sebagian orang tertentu saja. Pada masa pemerintahannya prabu Angling Darma dikenal bertindak sebagai raja yang beradab serta arif yang paling mencintai istrinya, Dewi Setyowati.

Salah satunya kesaktian prabu Angling Darma yang popular merupakan dapat bercakap dengan binatang atau dikenal dengan ajian Gineng.

Setelah pertapaannya habis, prabu Angling Darma menyambung tugas bertindak sebagai orang raja. Buat memusnahkan jejak dari musuh, beliau bebaskan Sumping kanan lebih dahulu sesudah itu ia ganti jadi orang pertapa yang sama beliau dalam Goa Sriti.

Pertapa yang terdapat pada goa sejumlah ratus tahun itu ditukarnya jadi batu yang dapat dilihat di Goa Sriti.

Meskipun cukup mistis, goa Sriti tetap masih banyak dikunjungi wisatawan buat saksikan keeksotisan stalaktit serta stalakmit yang terjadi hingga saat ini.

Goa yang membujur kurang lebih 320m dengan atap putih ini tetap menjadi tempat rumah ekosistem goa yakni Burung Sriti.

Ticket Masuk Goa Sriti Gunungkidul

Sukai berkunjung ke goa mistis ini? Siapkan uang kira-kira Rp. 50.000 jika pengin mengambil paket berkunjung ke banyak obyek misalkan Goa Pindul, Goa Sriti, serta obyek wisata kurang lebih. Buat ticket masuk ke Goa Sriti sendiri digunakan Rp. 25.000. Biaya itu sudah mencangkup tempat keselamatan seperti pelampung, headlamp, ban, sepatu karet, serta asuransi.

Daya tarik Bawah Tanah Goa Sriti

Goa Sriti benar-benar elok, dipercaya tersirat sebuat legenda kejadian mistis pertapaan seoarang raja yang sakti mandra kegunaan, merupakan raja Molowapati yang punya nama Prabu angling darma. Kepribadian gua yang menarik perbanyak kecantikannya, walau tidak begitu terkenal tapi Sriti tidak kalah unik dari Goa lain di Gunungkidul.

Kebesaran Goa Sriti tampak dari batu-batuan kapur yang merias melekat di setia dinding, berbagai macam serta corak unik dipasang dalam tiap-tiap sudut gua. Panjang Gua kurang lebih 320 m, dibikin dari batu-batuan karst yang terproses sejauh sejumlah ribu tahun, Goa punya atap putih, ditambahkan Stalaktit serta Stalakmit masih aktif hingga sekarang ini, atapnya pula tetap menjadi tempat berhuninya komunitas asli ekosistem gua ialah Burung Sriti.

Caving mencari Goa Sriti dimulai dari mulut Gua yang sempit serta rendah, kedalaman air di pintu masuk kurang lebih 50 mtr., lanjut jalan, kedalaman bisa hingga dada orang dewasa. Didalamnya ada lorong sempit yang cuman dilalui satu pengunjung dengan status miring, selanjutnya dapat ada palung kecil dengan kedalaman 12 m betul dari muka lorong, kalau tidak bisa berenang, pemandu siap membantu, patuhilah keputusan yang sudah dijelaskan pemandu sebelum saat masuk gua.

Gua Sriti Yogyakarta punya medan yang berliku serta kedalaman yang tidak serupa. Stalakmit serta stalagtit dengan bentuk unik pula tersaji di tiap-tiap dinding, kalau dalam bayangan bisa seperti dilihat bentuk fosil belut, pungguk onta, batu berkepala badak bercula satu, serta batu-batuan lingga (tanda keperkasaan Pria).

Kekhasan dari gua Sriti merupakan, warna batunya yang putih. Menurut pengurus Gua Sriti, sedikit orang yang mengerti gua ini. Hal ini karena kurangnya promosi dari Pemerintah Gunung Kidul. Sementara itu, kehadirannya lantas tertutup lantaran datangnya Gua Pindul yang sudah lebih dahulu popular.

Trayek Ketujuan Goa Sriti

Jogja – Jl Wonosari – Piyungan – Patuk – Perempatan Sambipitu menuju Rimba Bunder – Lanud TNI AU Gading – Lampu merah Pertigaan timur Lanud ke kiri – Lagandeng – Siyono – Bundaran Siyono ke kiri – Pertigaan Piyaman ke kanan – Rumah Sakit PKU – Bangjo perempatan Budegan lurus – hingga Pertigaan Grogok ke kiri (gerbang Kampung Bejiharjo) – Bangjo Perempatan Buderan Lurus – Pertigaan Grogol ke kiri (Gerbang Kampung Wisata Bejiharjo) – Taati jalan Aspal – Tulisan Selamat Ada Di Kampung Wisata – Masuk Restribusi – Gua Pindul – Gua Sriti.

Buat wisatawan lokal atau luar negeri, yang ingin berlibur ke Yogyakarta, Gua Sriti jadi opsi liburan anda. Sejumlah wisatawan bisa dibawa keliling susuri gua Sriti dengan dibimbing oleh sejumlah relawan yang sudah pandai dalam ruangnya masing-masing.

Sejumlah wisatawan bisa dibawa buat masuk ke lorong gua, susuri aliran air sambil cicipi batu putih yang menempel di semuanya dinding Goa Sriti Gunungkidul.

Nach itu kawan dekat uraian dari kami berkenaan Goa Sriti, apabila kamu mau liburan kesini kamu dapat gunakan pelayanan Paket Wisata Jogja dari kami.

About Author

client-photo-1
Admin
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.