Yogyakarta saat ini sangat terkenal dengan desa wisata yang ditawarkannya. Banyak sekali desa wisata yang terdapat di Yogyakarta dan sangat menarik untuk dikunjungi bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan. Salah satu desa wisata yang harus dikunjungi saat pergi ke Yogyakarta adalah desa wisata Tembi.

Lokasi Desa Wisata Tembi

Desa wisata tersebut berada di desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari arah kota Yogyakarta.

Uniknya dari desa wisata Tembi yaitu terdapat rumah budaya Tembi berarsitektur Jawa yang dijadikan sebagai home stay atau tempat menginap wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Keunikan lainnya yang terdapat di desa wisata Tembi ialah penamaannya sendiri menurut cerita yang beredar di masyarakat. Pada dahulu kala desa wisata ini dinamakan Tembi karena diambil dari nama seorang Dewi yang bernama Dewi Tembi.

Lain dari pada itu, awal mula keberadaan desa wisata Tembi ini ialah ada seorang warga asing dari Australia tahun 1994 bernama Wrwick Purlen Larsen yang begitu peduli dan terpesona dengan suasana alam pedesaan di wilayah Tembi. Lokasi ini bisa anda akses menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Naraharya Trans Wisata.

Kemudian setelah itu Menteri Kebudayaan Indonesia yang pada saat itu menjabat juga melihat potensi yang ada di desa Tembi ini untuk dijadikan sentra kerajinan dan cocok digunakan sebagai home stay. Oleh karena itu, desa Tembi kemudian diresmikan menjadi salah satu desa wisata di Yogyakarta.

Promo : Paket Wisata Jogja 1 Hari

Desa wisata Tembi memiliki lingkungan yang bersih dan asri. Pemandangan yang menakjubkan dan warga atau penduduknya yang begitu ramah membuat siapa saja yang datang ke desa ini akan merasa betah dan nyaman. Banyak sekali galeri batik yang terdapat di desa ini serta sanggar lukis anak-anak yang bekerja sama dengan Kedutaan Meksiko.

Ada lagi kuliner yang menyajikan menu internasional di Omah Jogja yang bekerja sama dengan Konsulat Meksiko. Akan tetapi, bagi pengunjung yang tidak menyukai menu makanan internasional tersebut dapat pergi ke angkringan khas Jogja untuk menikmati menu sederhana khas Jawa.

Desa wisata Tembi ini juga terbilang bersih karena ada petugas khusus kebersihan yang tugasnya adalah menjaga sesuatu hal yang berkaitan denga kebersihan.

Desa wisata Tembi juga mendapat julukan sebagai Rumah Budaya karena banyak sekali aktvitas yang berkaitan dengan seni yng dilakukan di desa ini. Kegiatan yang dimaksud tersebut adalah kegiatan seperti melukis, membatik, dan membuat keramik untuk dijadikan seni kerajinan khas desa Tembi ini. Selain itu, terdapat pembuatan kuliner khas desa Tembi seperti keripik Bonggol, tempe dele, dan sagon.

Bagi pengunjung yang akan menginap di sini bisa mendiami home stay yang disediakan di desa ini dengan kisaran harga Rp300.000,00 sampai dengan Rp400.000,00 untuk permalamnya. Fasilitas yang ada di setiap home stay pun sudah terbilang lengkap dengan adanya ruang tamu, kamar mandi, TV LED, AC, dan menu sarapan. Beberapa paket wisata jogja desa Tembi yang ditawarkan di antaranya ada membatik kain dengan harga Rp30.000,00/orang, membatik topeng kayu dengan harga Rp50.000,00/orang, dan membuat keramik atau tembikar dengan harga Rp20.000,00/orang.

Terdapat rumah budaya Tembi denga luas lahan 3.000 meter yang memiliki pendopo, galeri, dan perpustakaan. Pengunjung juga bisa melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogyakarta, seperti keranjang, anyaman, dan lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat peralatan tradisional seperti keris dan aneka senjata tradisional. Ada juga foto siklus hidup masyarakat Jawa, seperti Manten, Mitoni, Tedhak Siten, dan lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk datang ke desa wisata Tembi ini.

About Author

client-photo-1
Ahmad
Seorang Blogger dari kota istimewa Jogjakarta yang kerjaane menulis dan menulis di dalam sebuah website. Menerima juga jasa optimasi website.

Comments

August 27, 2018
Promo Murah Mobil baru Suzuki hanya ada di Mobil Suzuki Jogja dengan harga terjangkau. Tersedia Suzuki Ertiga Jogja, Suzuki Baleno Jogja , Suzuki Ignis Jogja dan berbagai macam tipe kendaraan suzuki lainnya.

Leave a Reply