Buah Tangan Khas Yogyakarta

Yogyakarta memang bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanta yang eksotis, tetapi juga makanan khas Jogja atau kuliner Jogja yang juga wajib dicicipi para wisatawan. Liburan atau berwisata ke kota Yogyakarta memang belum lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat di tempat asal kita. Jika wisatawan mencari sesuatu yang khas atau oleh-oleh khas Yogyakarta yang dapat dibawa pulang, berikut ini ada beberapa makanan khas atau oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dengan mudah, karena pengemasannya yang tidak begitu rumit dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Bakpia

Bakpia adalah makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal dan bisa dijadikan oleh-oleh. Bakpia terbuat dari bahan-bahan seperti kacang hijau dan gula yang dibalut dengan tepung, kemudian prosesnya dipanggang hingga menghasilkan tekstur yang keras di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Selain rasa kacang hijau, saat ini banyak varian rasa lain yang ditawarkan sesuai selera seperti durian, cokelat, keju, nanas, dan masih banyak rasa lainnya. Satu dus isi bakpia bisa berisi sekitar 20 buah. Biasanya bakpia basah akan tahan paling lama sekitar satu mingguan jika ditaruh di lemari pendingin. Anda bisa menemukan toko oleh-oleh yang menjual bakpia dengan mudah.

Gudeg Kering atau Gudeg Kaleng

Siapa yang tidak mengenal gudeg Jogja? Semua orang pasti hampir mengenal kuliner yang satu ini. Kota Yogyakarta juga dikenal dengan Kota Gudeg karena gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dari dulu. Gudeg terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan hingga berwarna kecokelatan karena dimasak dengan daun jati. Gudeg ini juga biasanya disajikan dengan makanan sandingan seperti krecek, daging ayam kampung yang dibacem, tempe bacem, tahu bacem, dan telur ayam atau telur bebek bacem yang dimasak hingga teksturnya keras dan berwarna cokelat. Cita rasa dari gudeg ini ialah manis bercampur gurih. Gudeg Jogja sebenarnya terdapat beberapa jenis seperti gudeg basah dan gudeg kering. Bagi wisatawan yang ingin membawa pulang gudeg Jogja, bawalah gudeg yang sudah dikemas kalengan atau gudeg kering yang bisa tahan lama. Anda juga bisa menemukannya di tempat-tempat yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

Yangko

Yangko adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan tepung ketan dan dibalut dengan tepung gula. Rasa dari yangko sendiri ialah manis dan gurih dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Bentuk yangko biasanya kotak atau persegi dengan warna yang sangat bervariasi, seperti kuning, merah, biru, hijau, dan warna lainnya. Yangko dapat dijadikan oleh-oleh alternatif yang patut Anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta.

Geplak

Geplak atau kue geplak adalah kue tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan kelapa parut, tepung beras, dan gula yang diolah menjadi satu. Cita rasa dari geplak ialah manis dan gurih dengan varian warna yang beragam seperti cokelat, hijau, merah, dan lainnya. Bentuk geplak seperti bulatan yang tidak sempurna dan kecil-kecil. Anda bisa menemukannya di setiap toko yang menjual makanan khas Yogyakarta.

Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah makanan khas Yogyakarta yang belum lama menjadi banyak incaran para wisatawan karena keunikan cita rasa maupun kemasannya. Cokelat Monggo adalah cokelat lokal asli Indonesia yang bercita rasa Belgia atau memiliki rasa internasional. Cokelat Monggo menawarkan beberapa varian rasa, seperti white chocolate, caramello, macademia, marzipan, dan lainnya. Cokelat Monggo dapat dimasukkan ke dalam daftar oleh-oleh yang akan dibeli saat Anda berlibur ke kota Yogyakarta.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply