Bentang Pantai Panjang di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta terkenal dengan wisata-wisata alamnya, khusunya wisata pantai. Banyak sekali deretan pantai di pesisir selatan wilayah Gunung Kidul ini, salah satunya pantai Sepanjang. Dilihat dari penamaannya saja, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan membentang dari barat ke timur. Sepinya wisatawan yang berkunjung ke sini, karena keindahannya belum terekspos dibanding pantai Gunung Kidul lainnya, maka pantai ini mendapat julukan pantai Kuta tempo dulu. Selain itu, pantai Sepanjang masih berada satu deretan dengan pantai Baron, pantai Krakal, maupun pantai Sundak.

Objek wisata pantai Sepanjang ini cukup unik, selain pemandangannya yang menarik, pantai Sepanjang juga memiliki ciri khas tersendiri dibanding pantai lainnya. Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan ombak yang cukup besar. Selain itu, jejeran bukit karang yang menghiasi pantai Sepanjang  semakin menambah kesan alami. Di dasar pantai dekat dengan bibir pantai, biasanya rumput laut dan batu-batu karang akan tumbuh di sini.  Rumput laut yang tumbuh di sini biasanya dibudidayakan dan diolah oleh warga sekitar untuk dikonsumsi maupun dijual kepada pengunjung. Beberapa biota laut juga terlihat hidup dan beragam di dasar pantai ini, seperti kerang laut, babi laut, siput, bulu babi, dan bintang laut.

Bentang Pantai Sepanjang

Lokasi pantai Sepanjang ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung yang akan berwisata ke pantai ini dapat menuju ke arah kota Wonosari terlebih dulu dari Yogyakarta dan menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam, tergantung kondisi jalan, karena letaknya berada di 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan 25 kilometer dari kota Wonosari. Akses jalan yang dilalui pun semakin berkelok, terkadang pengunjung dapat menemukan jalan yang menikung tajam dan menanjak. Setelah pengunjung sudah sampai di kota Wonosari, barulah menuju ke arah pantai di pesisir selatan Gunung Kidul. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang digunakan terisi bahan bakar penuh, karena menujuk ke arah pantai ini, sulit ditemukan penjual bensin. Tepatnya berada di satu deretan ke arah pantai Drini, pantai Kukup, dan pantai Krakal.

Tiket masuk pantai Sepanjang adalah tiket terusan yang merupakan satu paket dengan tiket masuk kawasan pantai lainnya yang sederet dengan pantai Sepanjang di pesisir selatan Gunung Kidul. Biaya retribusinya sekitar Rp10.000,00/orang dan belum termaksud biaya parkir. Bagi para pengunjung yang ke sini sebaiknya membawa baju ganti untuk sekedar bermain air, karena airnya yang begitu segar dan tidak kotor. Jangan kaget jika deretan pantai ini begitu panjang membentang, sehingga pengunjung akan merasa leluasa berada di pantai ini karena tempatnya yang masih sepi pula. Selain itu, banyak sekali gazebo yang tertata dan cocok untuk bersantai sambil menikmati pesona pantai Sepanjang ini. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan ringan dan minuman yang ada di gubuk-gubuk dekat pantai ini. Ditemani semilir angin, pengunjung akan merasa nyaman dan tenang berada di pantai yang sepi dan luas ini.

Walaupun pantai ini masih terbilang sepi dari pengunjung, tetapi fasilitas yang ditawarkan sudah cukup lengkap. Terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan menu seafood dan tempat penginapan yang disewakan di pantai ini. Jadi, para pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar, karena banyak berjejer warung-warung di sekitar pantai Sepanjang. Fasilitas kamar mandi yang bersih juga ada di sini, hanya saja jumlahnya yang masih terbatas.

About Author

client-photo-1
Septi Dwi
Seorang Mahasiswi yang berasal dari Bekasi dan sedang Kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Comments

Leave a Reply